Sabtu, 28 November 2009

Menuju Bahtera Jaya Ancol Bertaraf Internasional Tahun 2012




















Gelanggang Olahraga Bahtera Jaya Ancol (GO-BJA) selain sebagai Pusat Pembinaan Olahraga Air juga dapat berfungsi sebagai tempat rekreasi pantai publik yang murah. Lokasinya yang tepat dipinggir pantai memberikan energi bagi siapapun yang hadir untuk berinsipirasi terhadap pemanfaatan lokasi. Ide atau gagasan kegiatan dapat dipadukan dengan suasana lokasi yang ada di GO-BJA.

Kepemimpinan GO-BJA yang strategis sangat menentukan langkah kemajuan institusi ini. Saat ini GO-BJA telah mejalin kerjasama dengan organisasi pendidikan setingkat SLTP-SLTA dan organisasi kepemudaan seperti Madarasah Aliyah, Remaja Ceria, Saka Pramuka Bahari dan unsur masyarakat yang mencintai lingkungan pantai. Peran aktif Koperasi Maestro 2012 dan anggotanya juga memiliki arti yang penting dalam ikut mewarnai pemikiran dan kegiatan di GO-BJA seperti penyediaan buku berupa pengetahuan dasar penelitian bagi remaja, dan desain brosur GO-BJA.
Wujud strategi dan langkah yang telah dilakukan GO-BJA dari awal s.d. akhir tahun 2009 ini antara lain sebagai berikut :
  1. Menyusun Visi, MIsi dan Stretegi Pengembangan GO-BJA;
  2. Menetapkan Tim Manajemen Kreatif;
  3. Paparan Tim Manajemen Kreatif kepada Bapak Walikotamadya Jakarta Utara beserta Jajarannya;
  4. Mengoptimalkan fasilitas pendukung GO-BJA;
  5. Menjadi Tuan Rumah Penyelenggaraan Festival Pesisir Pantai Jakarta Utara Dalam Rangka Penetapan 12 Destinasi di Jakarta Utara;
  6. Mengkolaborasi organisasi kepemudaan seperti Madrasah Aliyah dan Pramuka untuk andil dalam mensukseskan acara Festival Pesisir tersebut seperti kegiatan Seminar Bahari, Latihan PBB yang dilaksanakan di GO-BJA;
  7. Memperbaiki papan nama GO-BJA yang terpasang di pertigaan jalan masuk dan komplek;
  8. Menata lokasi pemanfaatan lahan untuk parkir dan aktivitas senam;
  9. Menyusun brosur profile organisasi, email : bahterajayancl@gmail.com dan web GO-BJA : bahterajayaancol.blogspot.com;
  10. Tuan Rumah Parade Marawis pada bulan Ramadhan 1430 H;
  11. Paparan Ka Go-BJA di depan DPRD Komisi E tentang peran dan langkah strategis yang dilakukan GO-BJA;
  12. Menyusun RAB tahun 2010 yang mengarah kepada langkah GO-BJA selanjutnya, meskipun terdapat pemangkasan anggaran RAB 2010 tersebut;
  13. Kerjasama dengan stakeholder yang peduli terhadap pengembangan pengelolaan sebagian lahan GO-BJA.
Apabila dilihat dari visi dan misi GO-BJA terhadap langkah-langkah yang telah dilakukan saat ini baru merupakan langkah awal yang mendasar bagi langkah selanjutnya yang dapat dilakukan oleh GO-BJA.

Langkah selanjutnya yang sangat penting adalah GO-BJA benar-benar memiliki ketersediaan anggaran yang dapat mewakili gambaran dari visi dan misi GO-BJA tersebut pada tahun 2010 maupun tahun selanjutnya. Tersedianya anggaran untuk pendidikan atlet pemula, penataran pelatih, penyediaan alat olahraga Layar dan dayung yang lebih lengkap dan berkualitas termasuk alat fitness, penataan taman dan pantai serta fasilitas pendukungnya, pembangunan gedung penginapan yang lebih modern serta aktivitas pendukung lainnya seperti kegiatan kepemudaan yang mencintai pantai yang tujuannya adalah sebagai media pengenalan kepada pemuda secara tidak langsung untuk mencintai olahraga air.

Problem yang dihadapi oleh GO-BJA dalam mewujudkan visi dan misinya antara lain adalah ketersediaan alokasi dana APBD yang harus dapat mencerminkan kemajuan tersebut, selain itu adalah akses jalan menuju ke GO-BJA sangat kurang menguntungkan (berlumpur pasir dan sering pasang laut). Keberadaan GO-BJA saat ini merupakan lahan pengganti dari lahan sebelumnya di GO-BJ Sampur yang lebih baik dan sekarang menjadi lahan peti kemas pelabuhan. Foto-foto di samping merupakan gambaran aktivitas dan kondisi jalan ketika pasang laut maupun normal.

Apabila demikian memang secara politis dan moral, lembaga birokrat terkait perlu memperhatikan secara lebih komprehensif dan ada langkah-langkah strategis , taktis, cepat dan nyata secara bertahap dan berkesinambungan untuk memperbaiki kondisi ini menjadi lebih baik. (Nugroho, GS).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAHTERA JAYA

BAHTERA JAYA
Profile

Iringan Gubernur DKI Jakarta

Iringan Gubernur DKI Jakarta

Arsip Blog

Mengenai Saya

Bahtera Jaya Ancol adalah Unit Pelaksana Teknis Pemerintah Provinsi DKI Jaarta yang berada di bawah Kewenangan Dinas Olahraga dan Pemuda(DISORDA)berfungsi sebagai Pusat Pembinaan Olahraga Air DKI Jakarta